Thursday, April 17, 2008

KOMUNIKASI

Seorang rekan dosen meminta kepada mahasiswa bimbingannya untuk mengganti lembar pengesahan skripsinya karena mahasiswa salah menuliskan gelar pembimbingnya. "Tolong diganti, saya gelarnya 'Komp.', pake huruf 'p', bukan 'Kom'. Nanti dikira saya lulusan bidang komunikasi", demikian pinta sang dosen. "Baik Pak, segera saya ganti, saya mohon maaf", mahasiswa dengan sigap menimpali.

Lain lagi cerita seorang dosen senior di IPB, yang dikontak oleh suatu konsultan asing, yang sedang membutuhkan tenaga bidang Teknologi Komunikasi. Oleh stafnya, konsultan tersebut menelusuri di Internet, dan ditemukanlah nama beliau yang memang ahli komunikasi. Tetapi konsultan tidak menelusuri lebih jauh, ternyata Bapak dosen tadi ahli komunikasi masyarakat/massa, bukan teknologi komunikasi (baca: komputer) yang diinginkan konsultan.

Komunikasi massa dan teknologi komunikasi/komputer memang sering tertukar di kalangan masyarakat luas atau awam. Tetapi, kalau di lingkungan akademik, dua hal itu sangat jarang tertukar, kecuali kalau memang sengajar ditukar-tukar agar orang lain bingung, atau untuk keperluan politik-politikan. Di suatu institusi, ada dibuat unit komunikasi untuk menampung aktivitas komunikasi institusi dengan stakeholder, tetapi ujung-ujungnya ternyata "hanya" untuk teknologi komputer. Apalagi kalau ditambah dengan istilah Sistem Informasi yang sudah meliputi infrastruktur komunikasi data, manajemen informasi, dan aplikasi/prosedur. Jadi makin aneh dan redundant kalau ada unit bernama Komunikasi dan Sistem Informasi. Tau ah ... gelap .... ;)

2 comments:

Anonymous said...

Heheh...sama Pak..waktu awal-awal kuliah di IPB, ditanyain orang, "Kuliahnya jurusan apa?"
Saya jawab,"Ilkom."
Katanya lagi,"O...Ilmu Komunikasi ya?"
*gubraksss...

Lain waktu....
Orang : Kuliah dimana?
Saya : di IPB
Orang : Jurusan apa?
Saya : Ilkom. Ilmu komputer *cepet2 biar gak dikira ilmu komunikasi*
Orang : Emang ada ilmu komputer di IPB?
*gubraksss... (lagih..)

lassadad said...

redundant?
apa ini berkaitan dengan penggabungan kpsi dengan humas ipebe
mendadak saya inget tulisannya iwan
http://berantakanabiez.satlaser.com/kpsi-ipb-dilebur-dengan-humas-ipb/